CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 25 September 2012

ADAB DAN TATA CARA BERTETANGGA


Tetangga adalah orang terdekat yang akan membantu kita ketika kita membutuhkan. Jarak rumah yang berdekatan membuat tetangga bisa jadi adalah orang yang akan membantu kita terlebih dahulu sebelum keluarga dan sanak saudara. Hubungan bertetangga yang harmonis bisa diwujudkan apabila masing masing kita mengetahui etika atau adab bertetangga yang benar.
Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam kehidupan bertetangga. Mulai dari bangunan rumah yang kita bangun jangan mengganggu tetangga kita, tidak membuat mereka tertutup dari sinar matahari atau udara, dan kita tidak boleh melampaui batasnya, apakah merusak atau mengubah miliknya. Contoh lain, tidak melakukan suatu kegaduhan yang mengganggu mereka, seperti suara radio atau TV, turut bersuka cita di dalam kebahagiaan mereka dan berduka cita di dalam duka mereka; kita jenguk bila ia sakit, kita tanyakan apabila ia tidak ada, bersikap baik bila menjumpainya; dan hendaknya kita undang untuk datang ke rumah.
Jika masing-masing kita mengerti tata cara bergaul bertetangga, maka akan sedikit sekali kemungkinan ribut-ribut terjadi dalam lingkungan tempat tinggal kita, yang tersisa cuma nyaman, damai dan tentram. Tetangga kita adalah cerminan diri kita sendiri, apabila kita sudah berusaha menjadi tetangga yang baik, maka kebaikan yang akan datang pada kita, begitu pula sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar