CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 14 Agustus 2013

Memahami Apa Itu Maag Kronis


Maag Kronis atau dalam istilah kedokteran yang biasa disebut Syndrom Dispepsia merupakan sakit maag yang tidak boleh dianggap remeh. Sakit maag kronis ini dapat mengakibatkan kondisi tubuh semakin menurun dari segi berat badan, dan tidak hanya itu sakit maag kronis dapat juga mengakibatkan muntah darah bagi penderitanya. Jika ini dibiarkan tanpa melakukan pengobatan maka kemungkinan proses penyembuhan sangat sulit. Karena penyembuhan maag kronis tidak bisa disembuhkan secara total.




Pada dasar sakit maag kronis akan kembali kambuh apabila si penderita tidak memperhatikan pola makannya. Selain itu bahaya maag kronis juga mengakibatkan beberapa penyakit lain mengikutinya. Kadang obat-obatan yang biasa di jual di pasaran rata-rata hanya bisa mengurangi asam lambung dan sifatnya cuma menetralkan saja. Dan apabila dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka akan menganggu kinerja ginjal.Bahaya maag kronis juga dapat mengakibatkan penyakit kanker pada lambung. Ahli kesehatan mengakatakan bahwa salah satu penyebab kanker lambung adalah maag akut. Sakit maag disebabkan oleh tukak lambung yaitu luka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari. Penyebab tukak lambung salah satunya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Tapi bisa juga disebabkan karena penggunaan obat-obatan non-steroidal anti-inflammatory agents (NSAIDs) contohnya aspirin dan sejenisnya.Keberadaan bakteri dalam lambung tersebut yang menyebabkan lapisan lambung melemah dan rapuh sehingga asam lambung dapat menembus bagian-bagian tersebut. Salah satu jenis bakterinya yakni H Pylory. Bakteri H Pylory sebenarnya tidak tahan asam, tapi bakteri ini dapat melindungi dirinya pada bagian lapisan lambung atau lapisan mukosa. Inilah yang menyebabkan lapisan lambung menjadi lemah dan rapuh.

Tips Mencegah Maag Kronis


Biasanya sakit maag yang tidak kunjung sembuh dan selalu kambuh itu disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

  1. Selalu melanggar pantangan yang bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi. 
  2. Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Banyak dari penderita sakit maag selalu makan makanan yang tidak sehat dan tidak teratur. Padahal mereka sebenarnya sudah tahu prilaku yang seperti itu bisa menyebabkan penyakit maag semakin parah. 
  3. Kurang mengonsumsi serat, serat sangatlah penting bagi pencernaan. Pada penderita sakit maag biasanya banyak kekurangan serat. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran. 
  4. Sudah ada luka pada dinding lambung, jika pantangan, pola makan selalu terjaga ada hal lain yang bisa menyebabkan sakit maag tidak kunjung sembuh dan selalu kambuh, yaitu sudah ada luka pada dinding lambung. Untuk mengetahui ada luka pada dinding lambung biasanya medis menyarankan (endoskopi). Selama luka pada dinding lambung belum sembuh maka penyakit maag pasti akan selalu kambuh. Obat-obatan yang banyak beredar di pasaran kebanyakan hanya menguragi rasa sakitnya saja tapi tidak bisa menyembuhkan luka pada dinding lambung. 
  5. Bakteri penyebab sakit maag, pada sebagian penderita sakit maag di sebabkan oleh bakteri. Untuk menyembuhkannya haruslah menggunakan obat anti bakteri yang tepat. Jika bakteri belum di basmi maka sakit maag pasti akan selalu kambuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar